30 April 2010

HMI Komisariat FE Unsyiah Gelar LK I Kelas Khusus Internasional

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ekonomi Unsyiah gelar Basic Training/LKI dengan kelas khusus yaitu kelas Internasional. Peserta yang akan direkrut oleh panitia adalah mahasiswa/i yang mampu berbahasa inggris dengan baik. Penyampaian materi Basic Training yaitu dalam bahasa inggris. Pelaksanaan Basic Training ini telah dibuka pada tanggal 29 April 2010, di Gedung Insan Cita HMI Aceh.

Basic training dengan menggunakan bahasa pengantar Inggris adalah ide yang brilian, dan patut diacungi jempol serta baik didukung. Tentu hal ini berkaitan dengan kesiapan kader untuk menghadapi kondisi global yang tidak mungkin dibendung dari hari kehari. Namun dalam beberapa hal karena pentingnya inti dari pengkaderan maka bahasa Indonesia masih juga penting untuk digunakan bahkan bahasa Aceh sekalipun.

Kelas internasional dan internasionalisasi oleh negara-negara yang menggunakan bahasa inggris dan non inggris adalah kelas dimana mereka berusaha mendapatkan mahasiswa dari luar negaranya dan kemudian mengajarkan bahasa dan kulturnya, hal tersebut dikarenakan rasa nasionalisme yang tinggi dari negara-negara tersebut. Sebagai contoh jerman mengajarkan bahasanya, Inggris, Australia dan Amerika dengan inggrisnya, juga disini di Taiwan dan cina daratan dengan bahasa mandarinnya. Lain halnya ditempat kita, hal tersebut diartikan sebagai merekrut warga negara sendiri (bukan orang luar negeri) dan mengajarkan mahasiswa kita dengan menggunakan bahasa asing.

Maka tidak salahlah kalau basic training yang akan akan dilaksanakan dicampur kata pengantarnya, ada materi bahasa inggrisnya, bahasa Indonesianya, bahkan bahasa aceh. Dengan demikian akan timbul jiwa kebangsaan dan cinta pada tanah air yang tinggi pada kader yang paham dan sadar juang terhadap nilai dasar perjuangan dalam menghadapi persaingan global dimasa yang akan datang.

Untuk pemateri/instruktur melibatkan kanda-kanda KAHMI yang punya pengalaman terbang international dan mampu berbahasa inggris dengan baik. Diharapkan kegiatan ini akan memacu semua komisariat di Indonesia melakukan hal yang sama. Semoga kegiatan menjadi sebuah ikhtiar agar HMI relevan dengan perkembangan dunia global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kesan dan pesan anda untuk memjadi bahan agar situs ini makin baik kedepan...