02 Oktober 2007

Berbagai Elemen Masyarakat Komitmen Sosialisasikan Pilkada


Banda Aceh, 16 Nopember 2006-Seiring dengan dekatnya pelaksanaan Pilkada, KIP NAD yang difasilitasi KIP Media Center menggelar Civil Society Organization (CSO) Gathering di Sekretariat KIP NAD yang dihadiri sekitar 29 organisasi masyarakat yang ada di Aceh. Acara ini bertujuan untuk melibatkan sebanyak mungkin elemen masyarakat dalam program sosialisasi pelaksanaan Pilkada dengan tujuan agar informasi mengenai Pilkada bisa sampai dan dipahami masyarakat di desa-desa serta masyarakat akar rumput.

Ketua Pokja Komunikasi dan Sosialisasi KIP NAD, Zainuddin T SAg, menjelaskan KIP NAD sebagai penyelenggara Pilkada tidak akan bisa berjalan sendiri dalam ‘pesta demokrasi’ ini tanpa peran serta berbagai elemen. Intensitas partisipasi Pilkada di Aceh adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat dan organisasi masyarakat memiliki jaringan luas yang bisa menjangkau 6000 desa yang tersebar di NAD. “Program sosialisasi ini akan lebih efektif dan efisien dengan melibatkan banyak elemen masyarakat.” ujarnya. “Kita akan melakukan berbagai bentuk sosialisasi mengenai Pilkada, terutama ke masyarakat akar rumput dan masyarakat di desa-desa”.

H.A Rahman Kaoy dari MPU-NAD dalam sambutannya mengatakan bahwa ikut Pilkada adalah ibadah. “Rasulallah bersabda jika kalian bertiga, maka pilihlah salah seorang dari kalian menjadi pemimpin.” ujarnya. Ia juga mengatakan suatu pekerjaan tidak akan berjalan baik jika tidak ada pemimpinnya. Ia mengharapkan agar sosialisasi Pilkada dilakukan sampai tingkat mukim dan menegaskan bahwa alim ulama mendukung penuh pelaksanaan Pilkada.”Para alim ulama akan menyebarkan informasi ini ke masyarakat.” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Amiruzzahri, ketua Badko HMI NAD dan Zulkifli Hamid dari Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kota Lhokseumawe. “Organisasi Pemuda dan Mahasiswa mendukung penuh sosialisasi pelaksanaan Pilkada” ujar keduanya. Sementara itu Project Consultan KIP Media Center, Heri Rakhmadi mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu program sosialisasi Pilkada yang dilakukan Media Center dan akan ada program-program lainnya, seperti temu warga dan berbagai simulasi serta penyebaran berbagai materi informasi Pilkada keseluruh Aceh.

Teken Ikrar Kesepakatan

Diakhir kegiatan, seluruh organisasi kemasyarakatan yang hadir menandatangani Ikrar Komitmen Bersama Untuk Sosialisasi. Masing-masing perwakilan organisasi menandatangani dan menuliskan nama serta menerakan asal organisasi diatas sebuah kanvas putih yang merupakan bentuk komitmen akan mensosialisasikan Pilkada. (Media Center)

Sumber :
http://www.kip-acehprov.go.id/
Kamis, 16 November 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirimkan Komentar, kesan dan pesan anda untuk memjadi bahan agar situs ini makin baik kedepan...